Jurus Marketing Dahsyat, Mengungkap Rahasia Dibalik Produk Gratisan

Sudah bukan rahasia bahwa watak dasar manusia selalu menginginkan yang mudah-mudah atau sesuatu yang bersifat gratis. Anda mungkin sudah seringkali menjumpai di internet produk-produk yang diberikan secara cuma-cuma alias gratis, entah itu berbentuk ebook gratis, hosting gratis, domain gratis, video gratis dan sebagainya. Semua itu bukan tidak ada maksud dan tujuannya.

Justru bagi para internet marketer itu dijadikan sebagai sebuah jurus marketing yang sangat dahsyat, jurus ini sebenarnya bisa dibilang mangadopsi marketing NARKOBA. Eits, jangan berfikir yang neko-neko ya, bukan maksud saya Anda saya minta menggunakan barang haram itu, tapi lebih kepada melihat sisi positif marketing dalam bisnis narkoba (jangan berfikir juga kalau saya memakainya, hehe, yang dimaksud adalah memberikan sesuatu secara cuma-cuma diawal lalu karena ketagihan di tahap kedua diminta membayarnya).

Demikian dengan apa yang dilakukan para internet marketer, mereka memberikan produk-produk gratisan tersebut, mereka memberikan sesuatu lalu kemudian mereka mendapatkan dari apa yang telah mereka berikan. Sebenarnya konsep-konsep seperti ini sejalan dengan hukum sebab akibat yang ada di dunia ini, siapa yang banyak memberi pasti ia akan banyak pula menerima.

Ada beberapa konsep dasar dari jurus marketing memberikan produk-produk gratisan seperti ini, di antaranya :

  1. Sebagai presell (penetrasi produk pertama sebelum ditawarkan produk utama).
  2. Menumbuhkan kepercayaan.
  3. Membangun minat agar membeli yang lebih.

Sebagai contoh, siapa yang tak kenal Google, mesin pencari yang saat ini boleh dibilang terbesar dan mendominasi pasar search engine. Dibalik produk-produk gratisan yang mereka berikan seperti email Gmail, engine blog dengan Blogspot-nya, search engine itu sendiri, dll. Google ternyata mempunya bisnis yang sangat besar dengan sokongan  produk-produk gratis tersebut, yaitu bisnis hebat periklanan mereka PPC Google Ads.

Contoh lain, lihatlah WordPress, engine blog yang bersifat open source ini telah banyak membantu Blogger dan Internet Marketer dalam membantu segala kebutuhannya. WordPress tidak mengambil uang sepersenpun dari apa yang telah mereka berikan, tapi toh mereka mendapat banyak keuntungan dari hosting yang mereka jual lewat BlueHost.Com. Tentunya, ketika mereka menggunakan WordPress yang khusus bisnis, maka BlueHost.Com bisa jadi pilihan untuk itu.

Atau ambil contoh kecil ebook gratis yang banyak disebar marketer di internet, mereka memberikan nilai apa yang ada ditulis di dalamnya, tapi di lain pihak mereka juga menjual dengan menyelipkan alamat link bisnis mereka. Ketika mereka menulis, itu sebenarnya mereka juga ingin membangun kepercayaan, sehingga ketika kepercayaan itu sudah tumbuh, akan lebih mudah penulis itu melakukan penjualan.

Lalu apa yang bisa kita petik dari jurus marketing dahsyat di atas dengan produk gratisan ?

Tentu saja kita bisa meniru konsep di atas untuk bisnis internet kita. Anda bisa mulai membuat produk-produk gratisan yang sesuai dengan niche market bisnis Anda. Yang perlu diperhatikan adalah ketika Anda membuat produk gratisan, berikanlah yang terbaik (berkualitas) dan bukan ala kadarnya. Sebab produk-produk  gratisan tersebut merupakan cermin dan gerbang dari produk yang Anda jual sebenarnya.

Lihatlah apa yang telah diberikan Google dan WordPress, walaupun gratis, semua yang diberikannya mempunyai NILAI yang tinggi dan bermanfaat bagi penggunaya. Anda bisa membuat produk-produk gratisan seperti ebook gratis, ezine (artikel) mingguan, dan semua jenis produk gratis yang topiknya sesuai dengan bidang bisnis Anda.

Jurus rahasia produk gratisan ini biasanya akan digabungkan dengan strategi email marketing (dikirimi email secara berkala-kala) yang mana pada tahap awal berupa email informasi maupun bonus-bonus, dan email-email selanjutnya bisa berisi email promosi dari pemberi produk gratisan tersebut. Teknik marketing ini masih sangat ampuh hingga saat ini.

Silahkan baca juga : Apa itu Email Marketing dan Apa Fungsinya ?

Dapatkan artikel terbaru seputar bisnis online dari Sinyalbisnis.com. Masukkan email Anda pada form di bawah ini. Anda akan jadi orang pertama yang mendapatkan artikel terbaru via email. Anda juga akan mendapatkan bonus ebook spesial TOKO ONLINE FORMULA, 1 Jam Punya Toko Online Siap Terima Order yang tekniknya terbukti menghasilkan jutaan rupiah setiap bulan untuk bisnis kami sendiri.

Masukkan Email Aktif Anda

Setelah memasukkan email, segera klik link konfirmasi yang dikirimkan ke email Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *