2 Cara Menyisipkan Tombol Like Facebook di WordPress

Bagaimana cara menyisipkan Facebook’s Like Button atau tombol Suka di akhir setiap tulisan pada blog WordPress? Ada dua cara. Pertama, dengan memasang sebuah plugin. Kedua, dengan menyisipkan kode (code) di file single.php. O iya, panduan ini hanya berlaku bagi blog WordPress.org dengan hosting sendiri [self-hosting]. Untuk pengguna WordPress.com, tulisannya di-share secara manual aja dulu ya.

Dengan plugin

Ada banyak plugin yang bisa anda gunakan untuk menyisipkan tombol ‘Suka’ Facebook di blog WordPress. Anda bisa mencarinya di Plugin Directory WordPress. Salah satunya adalah FaceBook Like Button Plugin for WordPress. Pasang plugin ini dengan salah satu cara yang telah saya tulis dalam 3 Cara Memasang Plugin di WordPress.

Tanpa plugin

Jika WordPress anda sudah terjejali oleh banyak plugin, atau jika anda ingin mengurangi kecanduan terhadap plugin, cara berikut ini bisa menjadi pilihan alternatif. Kita akan mencoba menyisipkan sebaris kode pada file single.php yang ada di direktori tema WordPress anda (public_html/wp-content/themes/temaanda).

Untuk membedah file single.php, juga ada dua cara:

  • Anda bisa mengunduhnya (download) dulu melalui CPanel > File Manager hosting, atau dengan menggunakan FTP Client sebangsa Filezilla. Setelah diunduh, buka file tersebut dengan Notepad atau Notepad++. [Tahan dulu sampai di sini…]
  • Cara lainnya adalah dengan membukanya melalui menu Appearance > Editor [English] atau Tampilan > Penyunting [Indonesia] dari wp-admin WordPress. Pada daftar di sidebar sebelah kanan halaman itu, cari dan klik single.php. O iya, sebelumnya jangan lupa mengubah permission file ini menjadi 777 terlebih dahulu agar bisa ditulisi dan di-update. Ini bisa dilakukan melalui CPanel atau FTP Client (Filezilla).

Lanjut, setelah file single.php ini terbuka dan terlihat kode-kodenya, cari baris berikut:

<div>
	<?php the_content(); ?>
	<div></div>
	< … sisipkan kodenya di sini … >
</div><pre>

Dan ini dia kode yang harus anda sisipkan [menggantikan kata  <…sisipkan kodenya di sini…> di atas]:

<iframe src="http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=<?php echo urlencode(get_permalink($post->ID)); ?>&show_faces=false" scrolling="no" frameborder="0" style="padding-left:5px;border:none; overflow:hidden; width:450px;height:30px" allowTransparency="true"></iframe>

Sehingga kodenya akan terlihat sebagai berikut :

<div>
       <?php the_content(); ?>
       <div></div>
       <iframe src="http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=<?php echo urlencode(get_permalink($post->ID)); ?>&show_faces=false" scrolling="no" frameborder="0" style="padding-left:5px;border:none; overflow:hidden; width:450px;height:30px" allowTransparency="true"></iframe>
</div>
<div>

Setelah itu simpan file single.php yang telah diedit. Upload kembali ke folder tema anda [bagi yang menggunakan cara pertama]. Jika anda mengedit dari wp-admin, tekan Update File atau Mutakhirkan Berkas untuk memperbaharui file tersebut. Untuk melihat hasilnya coba refreshsalah satu halaman tulisan tungga pada blog anda.

Silakan dicoba ya. Kalau ada yang perlu didiskusikan, diharapkan perkenannya untuk berbagi di kolom komentar. Terima kasih.

Siapa Lagi yang Ingin Mendapatkan Uang Jutaan Rupiah Setiap Bulan dari Internet Secara Cepat dengan Cara Sederhana dan Tetap Menghasilkan Walau Website Jarang Diurus Lagi?

Download Gratis PDF "TOKO ONLINE FORMULA"

1 Jam Punya Toko Online Siap Terima Orderan Dari Customer Anda
Strategi ini TELAH TERBUKTI BERHASIL mampu mendatangkan income PULUHAN JUTA Rupiah dari internet pada bisnis kami sendiri, serta menjadi ASET ONLINE JANGKA PANJANG.


Masukkan Nama dan Email Terbaik Anda untuk download GRATIS sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *