8 Plugin SEO Terbaik untuk Blog WordPress

WordPress memang sudah dikenal akan kehebatannya dalam bersaing di search engine alias mesin pencari. Dengan dukungan berbagai macam plugin yang mempunyai kegunaan masing-masing semakin memantapkan SEO.

Para pemain adsense rata-rata pasti akan menggunakan platform WordPress ini sebagai blog utamanya. Dengan pemasangan plugin seo yang tepat, amat tidak sulit buat blog kamu untuk kebanjiran visitor dari search engine. Banyak sekali plugin buat Seo yang dapat kita install secara gratis, karena WP adalah platform yangopensource.

Berikut ini adalah beberapa plugin hebat untuk optimasi SEO yang menurut aku adalah yang terbaik dan banyak dipakai.

1. All In One SEO Pack (AIOSP)
Semua pemakai WP self host pasti mengenal plugin canggih ini. Kita hanya perlu untuk menginstallnya, maka secara otomatis akan mengoptimalkan judul postingan agar bersahabat dengan mesin pencari dan menghindarkan dari duplikat konten. Ini juga akan membuat meta tag deskripsi dan meta tag keyword untuk masing-masing halaman secara otomatis. Atau juga bisa diset secara manual. Masih banyak pula fitur lainnya yang sangat mudah diaplikasikan oleh seorang pemula sekalipun.

2. Platinum SEO Pack
Plugin ini sama seperti yang kupakai pada blog ini setelah sebelumnya juga mencoba AIOSP. Fungsinya hampir sama dengan AIOSP, cuma ada beberapa fitur yang tidak terdapat di All In One SEO Pack. Yaitu adanya Indeks, Noindex , Follow, Nofollow, Noarchive, Nosnippet, Noodp, Noydir Meta Tag untuk setiap post maupun halaman. Dan yang paling tak kalah penting dengan plugin ini kita bisa membuat 2 title target, yaitu untuk search engine dan visitor atau pengunjung blog. Untuk efeknya, mana yang lebih baik antara platinum SEO dan AIOSP aku belum bisa menentukan karena masih baru beralih. Lagipula, itu juga tergantung bagaimana cara kita mensettingnya. Tentunya untuk masing-masing orang punya racikan yang berbeda.

3. Automatic SEO Links
Plugin yang satu ini fungsinya adalah untuk memudahkan kita kalau ingin memberi tautan antar satu artikel dengan artikel yang lain. Sehingga dapat meningkatkan jumlah internal backlink. Kalau sobat pernah melihat link-link yang ada di wikipedia, seperti itulah fungsinya. Kita hanya perlu untuk memasukkan sebuah keyword, Misalnya dengan anchor Plugin SEO dan mengarahkannya ke url “http://www.idafazz.com/plugin-buat-seo.php”. Maka setiap kali kita mengetik kataplugin SEO di setiap postingan secara otomatis akan mengarah ke link “http://www.idafazz.com/plugin-buat-seo.php”. Dan hebatnya, kalau kita menulis anchor keyword tersebut dalam satu halaman ada 5 misalnya, maka yang akan diberi link hanya pada satu keyword. Kita pun masih bisa menentukan atribut dari link tersebut apakah follow, nofollow, blank (buka di tab baru), external dan lain-lain.

4. Google XML Sitemaps
Fungsi Plugin ini adalah untuk build sitemap secara otomatis. Google xml sitemap akan membuat sebuah xml-sitemap yang dapat dibaca oeh google, Ask, MSN and Yahoo. Tapi, untuk hasil maksimal perlu juga membuat sitemap kita di webmaster google, yahoo, bing, dan lain-lain. Cara instalasi cukup mudah, tinggal install plugin lalu upload dua file di public_html. Yaitu, sitemap.xml dan sitemap.xml.gz, setelah itu aktifkan plugin. Adakalanya GXSG ini gagal membangun sitemap. Solusinya biasanya adalah pada papan pengaturan xml-sitemap hilangkan centang pada “Notify Google about updates of your Blog” dan jangan lupa untuk mengklik “update option’, lalu deactive plugin. Setelah itu aktifkan lagi dan kembali ke papan pengaturan. Klik rebuild the sitemap manually yang letaknya di bawah pesan error seperti di bawah

# There was a problem writing your sitemap file. Make sure the file exists and is writable. Learn more
# There was a problem writing your zipped sitemap file. Make sure the file exists and is writable. Learn more

5. SEO Friendly Images
Hmm… dengan plugin ini kamu akan lebih banyak kedatangan visitor dari google image search. Karena fungsinya adalah untuk meyakinkan bahwa gambar yang kamu publish mempunyai “alt’ dan “title” tag yang mana akan membuat file gambar di blogmu bisa diindeks secara tepat oleh google dan tentunya menjadi lebih seo friendly.

6. Gzip Enable
Banyak mitos yang beredar bahwa kecepatan loading sebuah website juga berpengaruh terhadap posisi SERP. Maka dari itu keberadaan plugin untuk mempercepat loading wordpress sangatlah diperlukan untuk meningkatkan sEO. Dari berbagai plugin misalnya WP super cache, DB optimiza, DB cache, akhirnya pilihanku jatuh pada plugin Gzip enabled ini. Karena ini mampu mengkompress size website kita sampai lebih dari 80%. Efeknya tentu saja loading blog bisa jadi lebih cepat. Coba test ukuran websitemu sebelum dan sesudah install Gzip enable di Gzip test.

7. CBnet Ping Optimizer
Meskipun sepertinya tidak ada hubungannya dengan SEO, tapi plugin yang satu ini sangat penting untuk menjaga blog dan artikel kita dari penalty atau banned dari search engine. Setiap kali kita update artikel baru wordpress secara otomatis akan melakukan ping ke berbagai mesin pencari, begitu pun saat kita mengeditnya. Jadi, kalau artikel kita berkali-kali diedit maka berkali-kali pula ia diping. Jika itu terjadi makablog kita akan dikira melakukan spamming, resikonya ya itu tadi kalau tidak dipenalty ya kena banned (katanya sih). Cbnet ping optimizer ini tugasnya membedakan antara saat artikel diposting pertama kali sama ketika ia diedit dan dipublish ulang. Jadi, tidak akan ada ping berkali-kali.

8. Breadcumb navxt navigation
Fungsi breadcumb untuk membuat blog/website menjadi seo friendly sudah tak dapat diragukan lagi. Baik para pemakai platform wordpress maupun blogspot yang peduli akan seo pasti akan memasang breadcumb di blog mereka. Dan plugin ini memberikan kita kemudahan untuk pemasangan.

Memang apa yang aku beberkan di atas itu bukanlah plugin terbaik buat SEO, karena masih banyak plugin hebat lainnya mampu mendongkrak SERP. Tapi, berdasarkan pengalaman hanya dengan mengandalkan kombinasi beberapa plugin tersebut, kinerja blog ini boleh dibilang cukup memuaskan. Loading cepat, artikel cepat terindeks, dan meskipun artikelnya baru sedikit tapi sudah mampu mendatangkan pengujung nyasar dari google, yahoo dan lain-lain. Pokoknya gak kalah deh sama blognya para senior. Coba kalau sudah kuoptimasi dan kuperbanyak bikin artikel. Bisa ribuan bahkan puluhan ribu visitor yang datang. Itulah mengapa aku menyebut ketujuh plugin tersebut sebagai Plugin WordPress Untuk SEO Terbaik.

Siapa Lagi yang Ingin Mendapatkan Uang Jutaan Rupiah Setiap Bulan dari Internet Secara Cepat dengan Cara Sederhana dan Tetap Menghasilkan Walau Website Jarang Diurus Lagi?

Download Gratis PDF "TOKO ONLINE FORMULA"

1 Jam Punya Toko Online Siap Terima Orderan Dari Customer Anda
Strategi ini TELAH TERBUKTI BERHASIL mampu mendatangkan income PULUHAN JUTA Rupiah dari internet pada bisnis kami sendiri, serta menjadi ASET ONLINE JANGKA PANJANG.


Masukkan Nama dan Email Terbaik Anda untuk download GRATIS sekarang!

6 Comments

  1. 1. plugin gzip enable sudah didelete dari komunitas wp.org, so hati2. kemungkinan besar sudah tidak cocok lagi dgn versi wp terbaru atau ada glitchnya kaya wp_minify itu. jadi pilihan u/ caching danhttp compression bisa jatuh pada W3 total cache atau WP super cache. kombinasikan salah satu dari mereka dengan DB cache reloaded fix
    2. untuk breadcrumb tidak perlu plugin sama sekali, hanya memberatkan loading blog aja. banyak kok tutorial membuat breadcrumb u/ wp, terutama breadcrumb yg bisa terindeks google
    3. alternative u/ cbnet ping optimizer bisa dengan maxblogpress ping optimizer yg sudah saya pake sejak 2009.
    4. All in one SEO dan Platinum buang aja kelaut 😀 jauh lebih bagus Ultimate SEO, bisa dicombine dengan Clickbumb SEO atau Easy WP SEO.
    5. salam kenal ya ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *